Distribusi Kemungkinan

Dalam berbagai peristiwa probabilitas yang bersifat independen dan dependen akan mengalamai kesulitan dalam penghitungan jika frekuensi percobaannya cukup banyak (bekali-kali). Apalagi untuk peristiwa yang bersifat independen dengan frekuensi percobaan yang tidak terhingga (tidak terbatas). Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka digunakan Distribusi Kemungkinan untuk penyelesaian secara sederhana.

Untuk membahas distribusi kemungkinan, terlebih dahulu harus dapat membedakan antara Variabel Diskrit dengan Variabel Kontinyu. Variabel Diskrit merupakan variabel yang mempunyai angka-angka bulat. Sedangkan yang dimaksud dengan Variabel Kontinyu adalah suatu variabel yang mempunyai nilai berkesinambungan (antara variabel satu dengan variabel selanjutnya tidak mempunyai jarak). Dengan demikian variabel kontinyu dapat dikatakan mempunyai nilai yang kecilnya tidak terhingga dan besarnya juga tidak terhingga.

Pembahasan distribusi kemungkinan lebih difokuskan pada :

  1. Variabel Diskrit. Peristiwa Dependen : Distribusi Hipergeometris.
  2. Variabel Diskrit. Peristiwa Independen : Distribusi Binomial, Distribusi Multinomial dan Distribusi Poisson.
  3. Variabel Kontinyu: Peristiwa Independen : Distribusi Normal.
Link Lain yang Terkait :

 

About Mas Shanto

Lahir di Ponorogo tanggal 16 Oktober 1970. Menamatkan Sarjana Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di Universitas Brawijaya Malang Tahun 1994. Menamatkan Program Pasca Sarjana Magister Sosiologi di Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2008. Mulai Tahun 1995 aktif mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sampai saat ini aktif melakukan penelitian (baik yang didanai oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional, maupun Pemda Kabupaten Ponorogo), menulis artikel ilmiah, dan menulis buku yang telah diterbitkan. Disamping sebagai tenaga pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo juga aktif dalam organisasi sosial "Kelompok Studi Masyarakat Ponorogo"
This entry was posted in Statistika Induktif. Bookmark the permalink.

One Response to Distribusi Kemungkinan

  1. mussen die gehorige Berucksichtigung finden:), a remplacer les armes du doyen par son portrait:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>